Monday, July 13, 2009

Mainan Edukatif dari Kayu (Educational Wooden Toys)

Seiring perkembangan dunia anak yang semakin maju, mainan untuk anak-anak semakin beraneka ragam. Mulai dari mainan tradisional sampai mainan import sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia. Dunia anak-anak memang sangat lekat dengan mainan (Toys) dan hiburan. Tak sedikit orang tua yang berusaha melakukan apa saja demi kebahagiaan buah hatinya. Memberikan mainan adalah salah satu cara yang dilakukan para orang tua. Meski bertujuan untuk membahagiakan anak, orangtua juga harus memahami dan menyeimbangkan antara kebutuhan dan apa yang diinginkan anak, karena tak semua keinginan baik untuk perkembangan fisik maupun psikis anak.

Salah satu permainan yang sangat menjamur dan banyak diminati adalah mainan edukatif yang terbuat dari kayu. Disebut mainan edukatif karena dapat merangsang daya pikir anak, selain itu dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Permainan yang sangat memiliki nilai edukasi tinggi ini memiliki harga yang terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat sehingga membuat mainan ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua, yaitu kualitas dari mainan kayu edukatif tersebut. Mainan edukatif yang merupakan hasil dari para pengrajin kayu hampir di seluruh bagian Indonesia ini memiliki keanekaragaman bentuk, model, dan kualitas. Tidak semua mainan edukatif yang diproduksi memiliki kualitas yang sama di setiap produsen mainan. Mulai dari kualitas bahan (kayu), cat (cat non toxic), dan juga kualitas permainan (nilai edukasi) adalah hal-hal tidak boleh luput dari pengamatan para orang tua.

Berikut tips membeli mainan edukatif dari kayu:

1. Sesuaikan dengan umur anak.
    Beraneka ragam mainan edukatif yang ada, dibuat berdasarkan umur anak. Sesuaikan mainan dengan umur anak sehingga mainan edukatif tersebut dapat berfungsi secara maksimal. Jangan sampai si anak tidak dapat memainkan mainan tersebut, atau tidak sesuai dengan fungsi dan tujuan permainan.

Saran: Pada saat membeli mainan untuk anak, jangan segan untuk bertanya pada penjual dalam hal kategori umur dan fungsi dari mainan tersebut.

2. Sesuaikan dengan minat anak.
    Setiap anak memiliki pribadi yang berbeda-beda. Dalam memilih mainan orang tua harus jeli melihat mainan yang sesuai dengan minat anak. Hal ini sangat berpengaruh pada pola pikir anak, emosional, dan tumbuh kembang otak mereka.

Saran: Kenalilah sifat-sifat anak anda dengan lebih dalam. Cari tahu apa yang menjadi hobi mereka, kemudian temukan lah mainan yang cocok untuk mereka. Atau bisa juga berikan mereka kesempatan untuk memilih mainannya sendiri.

3. Perhatikan kualitas mainan.
    Permainan edukatif tersedia dengan berbagai macam bahan. Untuk pemilihan mainan edukatif yang terbuat dari kayu, orang tua harus lebih waspada dalam hal penggunaan cat. Pastikan bahan-bahan dancat tidak mengandung bahan kimia berbahaya Cat yang aman untuk anak adalah cat non toxic dan yang telah memiliki sertifikat dari sucofindo.

Saran: Jangan segan untuk bertanya pada penjual, apakah cat yang mereka gunakan aman untuk anak dan telah memiliki sertifikat dari sucofindo.

Anak-anak jika kecerdasannya dilatih sedini mungkin, akan membuat perkembangan inteligensinya lebih baik. Untuk balita kita bisa merangsang kecerdasannya dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) seperti mainan edukatif. Mainan yang sekaligus memiliki nilai-nilai pendidikan.

Oleh karena itu, kami selaku penyedia mainan edukatif yang terbuat dari kayu menawarkan beraneka jenis mainan. Untuk melihat seluruh produk yang kami miliki, anda dapat melihat di katalog kami. Dan perlu kami tekankan di sini, bahwa produk yang kami tawarkan sudah menggunakan cat non toxic dan sudah mendapat sertifikat dari Sucofindo.